Saling Berbagi Pengetahuan

Selasa, 01 November 2016

Membuat Program Sederhana Menggunakan Turbo Besic

Turbo Besic adalah salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada di dunia. Mempunyai tampilan yang cukup menarik meskipun bahasa pemrograman ini sudah cukup tua tetapi masih sering di pergunakan. Pada Kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan contoh membuat program sederhana menggunakan bahasa pemrograman Turbo Besic.


Langkah-Langkah :
  1. Buka Turbo Besic milik sobat dan tuliskan atau Copy script kode berikut.REM PROGRAMER MUHAMMAD HARMAN
    REM PROGRAM MENU UTAMA
    REM PROGRAM UNTUK MENYIMPAN DATA KE DALAM DISK
    REM--------------------
    PIL%=0
    T1$= "TOKO GAME - LUWUK"
    T2$= "PROGRAMER BY. MUHAMMAD HARMAN"
    DO UNTIL PIL%=5
     COLOR 15,4
     CALL LATAR(178)
     COLOR 30,4
     LOCATE 1,1 :PRINT SPACE$(79)
     LOCATE 2,1 :PRINT SPACE$(79)
     LOCATE 1,40-LEN(T1$)/2 : PRINT T1$
     LOCATE 2,40-LEN(T2$)/2 : PRINT T2$
     COLOR 15,4
     CALL KOTAK (5,22,23,59,"Y")
     LOCATE 6,35:PRINT"MENU UTAMA"
     LOCATE 10,30:PRINT"[1].INPUT DATA PEMBELI"
     LOCATE 12,30:PRINT"[2].CETAK DATA PEMBELI"
     LOCATE 14,30:PRINT"[3].INPUT DATA PLAYSTATION"
     LOCATE 16,30:PRINT"[4].CETAK DATA PLAYSTATION"
     LOCATE 18,30:PRINT"[5].KELUAR DARI PROGRAM"
     LOCATE 20,30:PRINT"[ ].<=PILIHAN ANDA"
     LOCATE 20,31:INPUT"",PIL%
    IF PIL%=1 THEN
       CALL INPUT.A
      ELSEIF PIL%=2 THEN
       CALL CETAK.1
      ELSEIF PIL%=3 THEN
        CALL INPUT.B
      ELSEIF PIL%=4 THEN
      CALL CETAK.2
      END IF
      LOOP
      END



     REM PRODUCER MEREKAM DATA PEMBELI
     REM-------------
     SUB INPUT.A
     NP$="":JP$="":JUM%=0:HP!=0:TOT.B#=0
     OPEN "A",#1,"DATPEM1.DAT"
     DO UNTIL UCASE$(LG$)="T"
       COLOR 14,4
       CALL LATAR(178)
       COLOR 15,4
       CALL KOTAK (4,20,14,65,"Y")
       LOCATE 5,35 :PRINT"INPUT DATA PEMBELI"
       LOCATE 7,25 :INPUT"NAMA PEMBELI          :",NP$
       LOCATE 9,25 :INPUT"JENIS PLAYSTATION       :",JP$
       LOCATE 11,25:INPUT"JUMLAH                :",JUM%
       IF JP$="PLAYSTATION 1"THEN
          HP!=800000
       ELSEIF JP$="PLAYSTATION 2" THEN
              HP!=1000000
       ELSEIF JP$="PLAYSTATION 3" THEN
              HP!=2000000
       ELSE
              JP$="PLAYSTATION 4"
              HP!=3000000
       END IF
       TOT.B#=JUM%*HP!
       LOCATE 13,25 : INPUT "ANDA MAU SIMPAN DATANYA [Y/T]?:",SP$
       IF UCASE$(SP$)="Y" THEN
         WRITE #1,NP$,JP$,JUM%,HP!,TOT.B#
        END IF
        CALL KOTAK(16,20,18,65,"T")
        LOCATE 17,25 : INPUT "MASIH ADA DATA LAIN [Y/T]?:",LG$
       LOOP
        CLOSE #1
       END SUB

    REM PROCEDURE MENCETAK DATA PEMBELI
    REM-------------
    SUB CETAK.1
    OPEN "I",#1,"DATPEM1.DAT"
    CLS
    JDL1$="DAFTAR PENJUALAN PLAYSTATION"
    JDL2$="TOKO GAME - LUWUK"
    GRS1$=STRING$(79,CHR$(196))
    HAL=0 : NO=0
    WHILE NOT EOF(1)
    CLS
    HAL=HAL+1
    LOCATE 1,40-LEN(JDL1$)/2 : PRINT JDL1$
    LOCATE 2,40-LEN(JDL2$)/2 : PRINT JDL2$
    LOCATE 3,70:PRINT USING "HAL :##";HAL
    PRINT GRS1$
    PRINT"|NO.| NAMA PEMBELI | JENIS PLAYSTATION | JML | HARGA PLAYSTATION | TOTAL BAYAR |"
    PRINT GRS1$
    CET$="|##_.|\            \|\                 \| ##  |  #,###,###        |  ##,###,### |"
    BTS=10 : BRS=1
    WHILE NOT EOF(1) AND BRS<=BTS
      NO=NO+1
      INPUT #1,NP$,JP$,JUM%,HP!,TOT.B#
      PRINT USING CET$;NO,NP$,JP$,JUM%,HP!,TOT.B#
      BRS=BRS+1
     WEND
     PRINT GRS1$
     PRINT
     PRINT "TEKAN <<ENTER>> UNTUK LANJUT..."
     DO UNTIL INKEY$=CHR$(13)
     LOOP
    WEND
    CLOSE #1
    END SUB

    REM PROCEDURE MEREKAM DATA PAYSTATION
    REM------------
    SUB INPUT.B
    JP$="":KP$="":JUM%=0:HP!=0:TOT.B#=0
    OPEN "A",#1,"DATPEM.DAT"
    DO UNTIL UCASE$(LG$)="T"
     COLOR 14,4
     CALL LATAR(177)
     COLOR 15,4
     CALL KOTAK(4,20,14,65,"Y")
     LOCATE 5,30 :PRINT "INPUT DATA PLAYSTATION"
     LOCATE 7,25 :INPUT "JENIS PLAYSTATION   :",JP$
     LOCATE 9,25 :INPUT "KODE PLAYSTATION    :",KP$
     LOCATE 11,25 :INPUT "JUMLAH           :",JUM%
     IF KP$="PS-1" THEN
        JP$="PLAYSTATION 1"
        HP!=800000
     ELSEIF KP$="PS-2" THEN
            JP$="PLAYSTATON 2"
            HP!=1000000
     ELSEIF KP$="PS-3" THEN
            JP$="PLAYSTATION 3"
            HP!=2000000
     ELSE
            JP$="PLAYSTATION 4"
            HP!=3000000
    END IF
    TOT.B#=JUM%*HP!
     LOCATE 13,25 : INPUT "ANDA MAU SIMPAN DATANYA[Y/T]?:",SP$
     IF UCASE$(SP$)="Y" THEN
       WRITE #1,JP$,KP$,JUM%,HP!,TOT.B#
     END IF
     CALL KOTAK(16,20,18,65,"T")
     LOCATE 17,24 : INPUT "MASIH ADA DATA LAIN[Y/T]?:",LG$
    LOOP
     CLOSE #1
    END SUB


    REM PROCEDURE MENCETAK DATA PLAYSTATION
    REM-------------
    SUB CETAK.2
    OPEN "I",#1,"DATPEM.DAT"
    CLS
    JDL1$="DAFTAR PENJUALAN PLAYSTATION"
    JDL2$="TOKO GAME - LUWUK"
    GRS1$=STRING$(79,CHR$(196))
    HAL=0 : NO=0
    WHILE NOT EOF(1)
    CLS
    HAL=HAL+1
    LOCATE 1,40-LEN(JDL1$)/2 :PRINT JDL1$
    LOCATE 2,40-LEN(JDL2$)/2 :PRINT JDL2$
    LOCATE 3,70: PRINT USING "HAL:##";HAL
    PRINT GRS1$
    PRINT "| NO | JENIS PLAYSTATION | KODE PS |JUMLAH| HARGA PLAYSTATION | TOTAL BAYAR |"
    PRINT GRS1$
    CET$= "|##_. |\                 \|\       \|  ##  |  #,###,###        |  ##,###,### |"
    BTS=10 : BRS=1
     WHILE NOT EOF(1) AND BRS<=BTS
      NO=NO+1
      INPUT #1,JP$,KP$,JUM%,HP!,TOT.B#
      PRINT USING CET$;NO,JP$,KP$,JUM%,HP!,TOT.B#
      BRS=BRS+1
     WEND
     PRINT GRS1$
     PRINT
     PRINT "TEKAN <<ENTER>> UNTUK LANJUT..."
     DO UNTIL INKEY$=CHR$(13)
     LOOP
    WEND
    CLOSE #1
    END SUB



    SUB KOTAK (B1,K1,B2,K2,G$)
      FOR W=B1 TO B2
       LOCATE W,K1 : PRINT SPACE$(K2-K1)
      NEXT W
      LOCATE B1,K1 : PRINT CHR$(218)
      LOCATE B2,K1 : PRINT CHR$(192)
      LOCATE B1,K2 : PRINT CHR$(191)
      LOCATE B2,K2 : PRINT CHR$(217)
      FOR X=K1+1 TO K2-1
       LOCATE B1,X : PRINT CHR$(196)
       LOCATE B2,X : PRINT CHR$(196)
       NEXT X
       FOR Y=B1+1 TO B2-1
        LOCATE Y,K1 : PRINT CHR$(179)
        LOCATE Y,K2 : PRINT CHR$(179)
       NEXT Y
       IF G$="Y" THEN
        GRS$=STRING$(K2-K1-1,CHR$(196))
        LOCATE B1+2,K1 :PRINT CHR$(195)
        LOCATE B1+2,K1+1:PRINT GRS$
        LOCATE B1+2,K2:PRINT CHR$(180)
       END IF
      END SUB

     SUB LATAR (X)
      LTR$=STRING$(79,CHR$(X))
      FOR A=2 TO 24
       LOCATE A,1 : PRINT LTR$
      NEXT A
     END SUB
  2. Tampilan Program yang dibuat.
Jika sobat tidak ingin susah - susah mengetik lagi copy script kode tersebut di notepad,tempatkan difolder yang sama dengan Aplikasi Turbo Besic lalu klik tahan dan drag ke PROGRAM TURBO BASIC.exe . Sekian tutorial yang dapat saya berikan ... Terima Kasih Dan Selamat Mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar